TUGAS SOFTSKILL MANAGEMEN STRATEGIK

04.43 / Diposting oleh novi /

1. a. Jelaskan bagaimana bagan proses manajemen strategi!

Tahapan Proses Manajemen Strategik meliputi :

Proses ini berusaha untuk mengorganisasikan informasi kualitatif dan kuantitatif dengan cara yang memungkinkan keputusan efektif diambil dalam kondisi yang tidak menentu.

Tahapan Proses Manajemen Strategik meliputi :
1. Mendefinisikan kegiatan utama organisasi (core business),menetapkan/ mengembangkan visi dan misi organisasi
2. Menetapkan tujuan organisasi yang terukur
3. Menyusun/memilih strategi untuk mencapai tujuan
4. Mengimplementasikan dan mengeksekusi strategi
5. Melakukan evaluasi,monitoring dan perbaikan
Dari masing-masing tahapan, apabila diperlukan adanya perbaikan maka kembali ke tahapan sebelumnya.

b. Jelaskan apa maksud dari bagan tersebut!

  1. Mendefinisikan kegiatan utama organisasi (core business), menetapkan/mengembangkan visi dan misi organisasi.

Setiap organisasi pasti mempunyai visi,misi,dan tujuan. Visi,misi dan tujuan akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi. Visi yang disusun harus strategik. Visi Strategik adalah visi yang mudah diartikulasikan,mudah dipahami, diterima semua pihak dalam organisasi.

  1. Menetapkan tujuan organisasi yang terukur

Tujuan merumuskan apa yang akan diselesaikan dan kapan akan diselesakan dan sebaiknya diukur jika memungkinkan. Tujuan organisasi adalah suatu pernyataan tentang keadaan yang diinginkannya, dimana organisasi bermaksud untuk merealisasikannya dan sebagai pernyataan tentang keadaan dimasa yang akan datang dimana organisasi sebagai kelompok mencoba untuk mencapainya.

  1. Menyusun/memilih strategi untuk mencapai tujuan

Proses penyusunan strategi merupakan isu kritis mengenai bagaimana mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan finansial maupun tujuan strategik.

Formulasi strategi ini meliputi pengembangan misi bisnis, analisa SWOT:mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal serta mengukur dan menetapkan kelemahan dan kekuatan internal dan menetapkan tujuan jangka panjang.

Secara umum, kita mendefinisikan strategi sebagai suatu cara mencapai tujuan.Perumusan strategi terdiri dari kegiatan-kegiatan mengenali peluang dan ancaman eksternal perusahaan, menetapkan kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan obyektif jangka panjang, menghasilkan strategi alternatif dan memilih strategi tertentu untuk dilaksanakan

  1. Mengimplementasikan dan mengeksekusi strategi

Implementasi strategi sering disebut tahap tindakan manajemen strategis. Strategi implementasi berarti memobilisasi karyawan dan manajer untuk mengubah strategi yang dirumuskan menjadi tindakan.

Strategi implementasi berarti menggerakan para karyawan dan manajer untuk menempatkan strategi yang telah formulasikan menjadi tindakan nyata.

Tantangan implementasi adalah menstimulir para manajer dan karyawan melalui organisasi agar mau bekerja dengan penuh kebanggaan dan antusias ke arah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Implementasi strategi termasuk mengembangkan budaya mendukung strategi, menciptakan struktur oragnisasi yang efektif, mengubah arah usaha pemasaran, menyiapkan anggaran, mengembangkan dan memanfaatkan sistem informasi dan menghubungkan kompensasi karyawan dengan prestasi organisasi.

Implementasi strategi menuntut perusahaan untuk menetapkan obyektif tahunan, memperlengkapi dengan kebijakan, memotivasi karyawan dan mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang dirumuskan dapat dilaksanakan.

  1. Melakukan evaluasi, monitoring dan perbaikan

Evaluasi strategi adalah tahap akhir dalam manajemen strategis. Evaluasi strategi adalah tahap akhir dalam manajemen strategis.

Evaluasi strategi mencakkup 3 hal yaitu :

· meninjau factor-faktor eksternal dan internal yang menjadi dasar strategi yang sekarang,

· Mengukur kinerja yang telah dilakukan

· mengambil tindakan korektif

2. a. Jelaskan apakah definisi MISI, TUJUAN organisasi!

Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Misi harus mencerminkan keunikan atau keunggulan perusahaan.

Tujuan organisasi merupakan keadaan atau tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi di waktu yang akan datang

b. Buatlah contoh rumusan masing-masing, dengan cara menjelaskan dahulu apa definisi bisnis ( bidang usaha )organisasinya/perusahaannya

Bisnis (bidang usaha) organisasi/perusahaannya

Indosat M2 adalah layanan berbasiskan Internet, Multimedia, dan layanan berbasiskan IP lainnya. Layanan ini meliputi : Internet berkecepatan tinggi, Internet dial up, TV kabel, VPN (Virtual Private Network), Hosting dan Collocation, VoIP ( Voice over Internet Protocol), B2B dan B2C E-Commerce. IndosatM2 adalah bagian dari perusahaan PT. Indosat (Penyedia Jasa Telekomunikasi di Indonesia), mulai beroperasi sejak tahun 2000, memberikan jasa kepada perusahaan, organisasi, pribadi di Indonesia didukung oleh jaringan berkapasitas paling tinggi yang terkoneksi ke Internet.

Visi:
Menjadi perusahaan yang dominan dalam industri Consumer Broadband berbasis teknologi IP (Internet Protocol) dan layanan content serta multimedia di Indonesia.

Misi :
* Memberikan hasil terbaik bagi para stakeholder (pemegang saham, pelanggan, dan karyawan)
* Menyediakan layanan akses internet yang dapa diandalkan dan terjangkau untuk mendukung implementasi layanan Triple-Play di Indonesia
* Mendukung pengembangan jalur informasi dan ilmu pengetahuan di Indonesia melalui penyediaan koneksi internet

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :

a. Pengertian analisis lingkungan eksternal organisasi (EFAS)?

Analisis lingkungan eksternal organisasi ( EFAS) merupakan suatu analisis yang digunakan untuk menilai suatu perusahaan berdasarkan faktor eksternal. Analisis ini bisa menggunakan analisis SWOT.

b. Meliputi faktor apa saja yang dianalisis dalam analisis lingkungan sosial (makro) dan lingkungan tugas (mikro), sebutkan masing-masing?

Ada dua macam variable lingkungan yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan, yaitu:

1. Societal environments/ lingkungan sosial (makro) dan

2. Task environments/ lingkungan tugas (mikro).

Yang termasuk dalam societal environments adalah :

• Ekonomi

Mempengaruhi pertukaran material, uang, energy dan informasi;

• Teknologi

Dapat menjadi temuan untuk penyelesain masalah;

• Politik

Mengatur hukum dan peraturan yang melindungi dan membatasi organisasi;

• Sosiokultural

Yang termasuk dalam task environments adalah :

• Pemerintah

• Komunitas local

• pemasok

• Pesaing

• Pelanggan

• Kreditur

• Pegawai

• Kelompok kepentingan khusus

• asosiasi dagang


0 komentar:

Posting Komentar